Selasa, 26 Agustus 2008

Catatan Menjelang Ramadhan

Pagi ini saat kubuka inbox email, terselip satu catatan dari seorang teman, catatan itu dia beri nama "Catatan menjelang Ramadhan"
meski sederhana, catatan ini memunculkan semangat saya dan membangunkan saya untuk segera SADAR bahwa TAMU AGUNG yang selama ini dirindu kan datang....

Kamis 21 Agustus 2008

Pada sebuah masjid yang terletak di daerah Utan Kayu, saya selalu mendapatkan senyum yang begitu tulus dari sang penjaga masjid. Senyum dari seorang bapak tua yang setiap harinya juga bertugas mengatur parkir kendaraan para jamaah masjid. Beliau menyapa dengan salam setiap saat setelah menunaikan sholat dzuhur dan ashar. Kami senantiasa berjabatan tangan. Dan pada hari ini, saya mengikutinya duduk di bawah sebuah pohon besar di halaman masjid. Beliau, dengan senyumnya dan tatapan mata yang tajam, membuka pembicaraan.
“Bentar lagi Ramadhan udeh mau datang nih,” katanya membuka pembicaraan. “kayaknya enak banget kalo ibadah dengan hati dan pikiran yang tenang, kagak terlalu resah, lapang. Gak mikirin macem-macem. Tapi sanggup gak ya kita bener-bener menyambut dan mengisi Ramadhan dengan hati tenang dan gembira.” Beliau menatap saya sambil tertawa kecil.
Saya masih terdiam sambil memikirkan kata-katanya itu. Saya pikir ini adalah sebuah bentuk nasehat kepada kami berdua. Nasehat dalam sebuah tanya yang harus kami jawab. “Yah, moga-moga aje bisa Pak. Kalo Allah udah ngasih jalan yang lurus dan hati yang lapang kan kagak ada yang bisa ngehalangin dan nyempitin jalan kite Pak.” Saya menjawabnya dengan yakin.
Tapi keyakinan itu kemudian membawa saya dalam kegelisahan yang lain. Bukankah Allah udah ngasih saya jalan-jalan yang lurus, jalan-jalan yang lapang, dan itu sudah ada di dekat saya sejak lama. Tapi kenapa selalu saja saya malas mendekatinya. Selalu saja ada alasan untuk menunda dan meninggalkannya. Saya selalu mengerjakan sesuatu yang kadang tidak terlalu penting untuk dikerjakan, bahkan untuk dipikirkan. Dan itu tentu saja membuat saya resah dan gelisah. Tidak ada skala prioritas. Selalu saja ada janji yang teringkari. Selalu saja ada dusta yang muncul.
“Ente udah lama kerja di daerah sini?” tanya beliau memecahkan kegelisahan saya.
“Hampir enam bulan Pak. Tapi, saya sebentar lagi keluar Pak dari kerjaan di daerah sini. Di pertengahan bulan puasa kayaknya. Pengen ngelarin skripsi dulu sambil maen lagi kayak dulu. Ya, sambil nyari juga kerjaan laen yang lebih enak. Kayaknya ba'da idul fitri kita jadi jarang ketemu nih Pak.” Saya menjawab dengan agak panjang.
“Masih muda emang yang penting banyakin jalan, banyakin silaturahim ame banyakin usahe, tapi perkara hasil jangan diambil pusing. Allah udeh nentuin. Nanti juga ketemu jalannya yang pas. Yang penting jangan ninggalin sholat yang lima waktu, kalo bisa ente jangan ampe telat mulu kayak sekarang-sekarang ini. Ane lihat ente jarang-jarang ke nih masjid. Ente yakin aja dah, siapapun yang bertakwa dan bertawakkal pada Allah, segalanya yang kita butuhin pasti dateng dari jalan mana aja yang kagak kita duga-duga. Ane cuman bisa do'ain biar ente sukses dunia dan akhirat. Lapangin aja pikiran kite, hati kite, dalam kerjaan dan dalam ibadah.”
“Iya Pak. Ane harus balik lagi nih ke kantor. Kapan-kapan kita ketemu ngobrol lagi Pak. Assalamu'alaikum ...”

***-***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar